Skip to main content

LEARNING ENGLISH

Apa sih yang kalian rasakan dan pikirkan ketika mendengar Bahasa Inggris? Mungkin bagi Sebagian orang Bahasa Inggris sudah sangat dikenal. Apalagi untuk orang-orang yang berkecimpung di dunia kerja ataupun sekolah internasional yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa wajib.

Tapi saya juga yakin bahwa untuk beberapa orang yang tinggal di daerah, bahasa inggris menjadi suatu hal yang wah. Bahkan mungkin ada yang berpikir bahasa inggris adalah Pelajaran yang bikin pusing.

Di zaman modern sekarang, apalagi zaman dimana hampir semua orang menggunakan gawainya untuk bermain media sosial. Bahasa inggris bukanlah suatu hal yang aneh. Justru, saat ini bahasa Inggris sangat diperlukan.

Berikut ini alasan kenapa bahasa Inggris menjadi keperluan penting di zaman sekarang.


1.     English as international language

Kita semua tahu, bahwa bahasa inggris itu sangat diperlukan saat ini. Kenapa? Pertama, bahasa inggris adalah bahasa internasional yang banyak di pakai di hampir semua negara di dunia.

Dengan penggunaan bahasa inggris yang se-abregnya, dalam semua bidang, seperti komunikasi, teknologi, perekonomian, politik dan sebagainya, menjadikan bahasa inggris sangat diperlukan.

Terlebih lagi, sekarang bahasa inggris di gunakan sebagai bahasa kedua atau second language di berbagai negara di belahan dunia. Tak sedikit juga negara yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa ynag wajib di pelajari di sekolah, seperti di Indonesia.

Pertanyaan yang muncul dari uraian di atas adalah kenapa sih bahasa inggris bisa sangat penting dan dirasa perlu dikuasai oleh seluruh bangsa di dunia? Well, sahabatku, seperti yang telah diuraikan di atas, bahasa inggris adalah bahasa internasional.

Dengan kata lain, bahasa inggris telah banyak digunakan untuk berkomunkasi satu sama lain, baik secara formal maupun informal.

Hal ini memungkinkan sseorang untuk memperluas jaringan, pershabatan dan kolega bisnis yang tidak hanya berasal dari negeri sendiri, melainkan dengan orang asing –biasanya kita sebut bule- yang berasal dari berbagai negara di belahan dunia.

Bahasa inggris juga di perlukan untuk mengembangkan sistem pemerintahan, politik, pendidikan, sosial dan budaya. Bagaimana? Jawabannya cukup mudah.

Dengan mengadakan penelitian dan observasi ke negara luar, mengenai sistem pemerintahan, politik, pendidikan, sosial dan budaya-lah kita dapat mengembangkan sistem di negara sendiri menjadi lebih baik.

Nah, dalam mengadakan penelitian tersebut, sang peneliti harus menggunakan bahasa negara yang menjadi objek penelitian tersebut. Atau setidaknya, sang peneliti harus menggunakan bahasa internasional yang digunakan oleh negara tersbut.

Dalam hal ini, bahasa Inggris akan sangat berguna bagi sang peneliti dalam penelitiannya.

Mungkin sebagian dari kalian masih bertanya-tanya, seberapa besar pengaruh bahasa inggris kedalam sistem pendidikan, sosial dan budaya. Baiklah, saya akan mencoba mengupasnya sedikit.

Dalam sistem pendidikan, indonesia masih banyak memiliki kekurangan dan kelemaha. Untuk hal itu, bangsa kita masih mengadopsi sistem pendidikan dan kurikulum di negeri kita dari negara luar, seperti amerika, finlandia, dan negara-negara barat lainnya yang dianggap memiliki sistem pendidikan yang lebih baik.

Dalam pengadopsian sistem pendidikan ini, para ahli pendidikan –katakanlah seperti itu- memilah dan memilih sistem pendidikan yang seperti apa sih yang dikira cocok dengan kepribadian bangsa kita.

Sebenarnya, ketika kita berbicara mengenai sistem pendidikan yang seperti apa yang cocok dan serasi dengan kepribadian bangsa kita, maka kita tidak akan menemukannya di negara lain.

Kenapa? Karena sejatinya, sistem pendidikan yang baik itu harus berasal dari bangsa itu sendiri. Namun, sayangnya, negara kita tidak mamou menciptakan sistem pendidikan yang sesuai dengan pribadi bangsa kita.

Untuk itulah hingga saat ini kita masih mengadopsi sistem pendidikan yang telah ada dari negara lain.

Untuk menunjang pendidikan bangsa indonesia, maka pemerintah menaruh bahasa inggris sebagai mata pelajaran yang wajib di pelajari di setiap sekolah.

Hal ini bertujuan agar para siswa dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain yang bukan hanya berasal dari egeri sendiri, mealinkan dengan yang berasal dari negara luar.

Dengan penguasaan bahasa inggris yang baik oleh semua orang di indonesia, dipercaya akan meningkatkan daya saing mereka dalam bidang bisnis, ekonomi maupun dlam bidang-bidang lainnya.

Nah, sahabatku, kira-kira seperti itu ya, pengaruh bahasa inggris terhadap pendidikan di indonesia.


2.     How to enrich our vocabulary?

Masalah yang sering muncul bagi setiap orang dalam mempelajari bahasa inggris adalah berbicara.

Sebenarnya, berbicara bukanlah masalah besar, jika hanya dilakukan sebatas mengobrol ataupun bercakap-cakap dengan teman.

Yang menjadi masalah adalah ketika dihadapkan dalam situasi formal yang membutuhkan tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi, yaitu berbicara umum.

Hal ini pun bukanlah masalah jika berbicara di depan umum dilakukan dengan berbahasa indonesia, masalah yang lebih besar, ketika kita harus berbicara dalam bahasa inggris.

Sahabatku, masalah utama dari berbahasa inggris adalah kurangnya kosakata bahasa inggris atau vocabulary. Di sini saya akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi masalah seperti ini.

a.  Menghafal

Cara ini mungkin terdengar konvensional, kuno dan cenderung sulit dilakukan. Tapi untuk pemula, cara ini sedikit banyak membantu loh..

Misalnya, bagi siswa SD yang baru sekali mengenal bahasa inggris, sang guru biasanya membarikan hafalan-hafalan kosakata dalm bahasa inggris.

Pertanyaan mucul, bagaimana cara efektif untuk memberikan hafalan yang disukai dan dinikmati oleh siswa? Jawabannya sederhana, dengan menggunakan sedikit permainan dan games.

Dengan menggunakan games, anak-anak biasanya cenderung lebih tertarik dan menikmati proses pembelajaran. Lalu permainan seperti apa?

Dengan memberikan kertas bergambar, yang juga dituliskan nama gambar terebut dalam bahasa inggris, akan lebih menarik perhatian siswa.

Kalian juga bisa menggunakan permainan tebak-tebakan, kuis berhadiah, ataupun permainan melempar kertas untuk menarik minat para siswa.

b.  Mendengarkan musik

Lah, gimana bisa mendengarkan musik bisa menambah vocab? Bisa dong, asal yang didengarkan pun harus dalam bahasa inggris.

Ingat ya sahabat, dalam bahasa inggris, bukan dalam bahasa lain. Nah, di dunia ini, siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik? Terlebih lagi jika musik tersebut berasal dari band yang disukai. Betul toh?

Dengan menggunakan metode ini, kita pun dapat menambah vocab kita dalam bahasa inggris. Caranya yaitu dengan mendengarkan lagu berbahasa inggris lalu mencatat liriknya, sedapat yang kita tangkap dari pendengaran kita.

Setelah itu, kalian dapat mengecek liriknya dengan mencarinya di mbah google. Terus, di cocokkan deh, lirik yang kalian tulis dengan lirik yang kalian temukan dari mbah google terebut.

Dengan cara itu, kalian dapat mengetahui kata-kata yang kalian dengar, lalu carilah artinya. Setelah semua itu, kalian dapat mempraktikkan vocab kalian dengan bernyanyi lipsing.

c.  Menonton film

Sahabatku sekalian, bagi anda yang sudah sedikit banyak mengerti bahasa inggris, kalian bisa memperkaya vocab kalian dengan menonton film.

Gimana caranya? Gampang, sahabatku.. Bagi kalian yang mungkin suka dengan Kpop, boyband-girlband, atau yang fanatik terhadap sebuah negara, kalian dapat mempraktikkan cara ini.

Dengan menonton drama kesanyangan kalian, kalian bukan hanya akan mendapatkan hiburan karena sudah menonton idola saja, melainkan juga mendapatkan vocab baru.

Dengan menggunakan translate dalam bahasa inggris –ingat sahabat, bukan dalam bahasa indonesia- kalian akan memperkaya kosakata kalian.

Ketika kalian menemukan kata baru yang kalian tidak ketahui artinya, kalian pasti penasaran kan, apa sih yang mereka bicarakan dalam drama itu?

Secara tidak sengaja, kalian mau tidak mau harus mencari arti dari kata-kata tersebut. Dan hal ini akan membantu kalian untuk memperkaya vocab bahasa inggris kalian.

Nah kira-kira seperti itu ya penjelasan mengenai bahasa inggris sebagai bahasa internasional dan cara memperkaya kosakata bahasa inggris yang menurut saya efektif. Metoda-metoda seperti ini pun bisa digunakan untuk memperkaya kosakata bahasa yang ingin kalian kuasai. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan kalian ya.

 


Comments

Popular posts from this blog

The analysis of short story girl by o henry

The analysis of short story girl by o henry 1. the point of view             The point of view that used in this short story is the 3rd person point of view and the dramatic. The third point of view because the writer mention the name of the characters in the short stories like: “......... robbins, fifty, something of an overweight beau, and addicted to first nights.... and Hartley, twenty-nine, serious, thin, good-looking, nervous.......” Beside that, the writer also using a noun and pronoun to tell the story to the reader like : “.... a man with an air of mistery came in the door and went up to Hartley....”             Beside that the dramatic point of view, we can see that from the way the writer tells the story and using the scene of the story like the real situation in life. On the other hand, the writer also tells us abt the problem taht might be always found in our life, like looking for the nany or the cook for their house. Which is not always easy to find the good

ASSESSING SPEAKING

ASSESSING SPEAKING      There are four categories of listening performance assessment tasks. A similar taxonomy emerges for oral production. Imitative      At one end of a continuum of types of speaking performance is the ability to simply parrot back (imitate) a word or phrase or possibly a sentence. While this is a purely phonetic level of oral production, a number of prosodic, lexical, and grammatical properties of language may be included in the criterion performance .      We are interested only in what is traditionally labeled”pronunciation” no inferences are made about the test takers ability to understand or convey meaning or to participate in an interactive conversation. The only role of listening here is in the short-term storage of a prompt,just long enough to allow the speaker to retain the short stretch of language that must be imitated. Intensive      A second type of speaking frequently employed in assessment contexts is the production of short streches of oral language

INTRODUCTION TO LITERATURE

Ketika mempelajari karya sastra –yang disebut dengan introduction to literature dalam bahasa inggris-, kita pasti bertanya-tanya apa sih yang dipelajari dalam mata kuliah ini? Nah, saya akan mencoba menjawab pertanyaan ini sedikit. Dari asal katanya ,  introduction to literature  memperkenalkan karya sastra bahasa inggris. Sebenarnya konsep dasar dari literature baik dari bahasa indonesia, bahasa inggris maupun bahasa lainnya itu sama.  Yang membedakan antara satu karya sastra dari karya sastra yang lainnya hanyalah bahasa yang digunakan dalam penulisan karya sastra tersebut. Literature itu sendiri sering diebut dengan  work of art , dimana tulisan dibuat sedemikian rupa sehingga meninggalkan kesan seni didalamnya. Jenis-jenis karya sastra  dalam bahasa inggris yaitu  prose , roleplay dan poetry .  Prose atau prosa dalam bahasa indonesia terdiri dari novel, novella dan short story. Jenis karya sastra seperti ini biasa kita temukan, bukan?  Bagi anda yang memiliki hobi membac